Selasa, 29 Mei 2012

Polusi Udara dan Air di Cempaka Putih 1

              Polusi udara adalah kehadiran satu atau lebuh substansi ffisik, kimia, dan biologi dalam jumlah yang dapat membahayakan manusia, hewan, dan tumbuhan di sekitarnya. Polusi udara sering terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta. Polusi udara membuat oksigen di Bumi tinggal 17% dan membuat udara semakin kotor dan tidak segar. Polusi udara sering kali disebabka oleh ulah manusia yang ceroboh dan tidak peduli lingkungan. Polusi udara berarti udara sudah kotor, tercemar, dan tidak baik untuk pernapasan. Udara yang tercemar sangat berbahaya bagi hewan, manusia, dan tumbuhan yang ada di sekitarnya.
            Sementara itu, polusi air adalah perubahan keadaan pada tempat penampungan air seperti sungai, laut, dan danau akibat perbuatan manusia. Seperti halnya polusi udara, polusi air juga sering terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta. Karena polusi air, sebagian besar air di Bumi sudah tidak bersih dan tidak layak dikonsumsi makhluk hidup. Tercemarnya air berarti air sudah tidak bersih dan tidak baik digunakan. Tercemarnya sungai, danau, dan laut juga dapat membuat makhluk hidup yang hidup di dalamnya mati.
            Polusi udara disebabkan ole ulah manusia yang ceroboh dan tidak peduli lingkungan. Sebab dari polusi adalah terlepasnya terlalu banyak CO2 ke udara yang berasal dari asap kendaraan, pabrik, dan rokok. Manusia sering menggunakan kendaraan pribadi terlalu banyak, membuang asap pabrik yang berbahaya ke udara secara sembarangan, dan terlalu banyak merokok sehingga hal-hal tersebut dapat melepaskan banyak CO2 ke udara.
            Sementara itu polusi air disebabkan oleh pembuangan limbah berbahaya ke tempat penampungan air. Polusi air dapat terjadi akibat pembuangan limbah pabrik dan pemukiman ke sungai, danau, dan laut. Polusi air juga disebabkan oleh perbuatan manusia seperti membuang sampaah sembarangan di sungai, danau, dan laut. Hampir seluruh polusi air di bumi disebabkan oleh perbuatan manusia yang ceroboh, kurang bertanggung jawab, dan tidak ada rasa peduli terhadap lingkungan.

            Polusi udara dan air sering terjadi khususnya di kota besar seperti Jakarta. Jakarta adalah provinsi yang memiliki penduduk yang padat dan kegiatan perekonomian yang besar. Hal-hal tersebut juga menjadi penyebab polusi air dan udara di Jakarta. Salah satu daerah di Jakarta yang terdapat polusi air dan udara adalah Cempaka Putih. Cempaka Putih terletak di Jakarta Pusat dan tempat tersebut terdapat banyak kendaraan dan di pusat kota sehingga banyak terjadi polusi  air dan udara. Sungai dan kali di Cempaka Putih sudah kotor dan tercemar. Udara di sekitar sana pun juga sudah tercemar dan berubah menjadi kotor dan membahayakan pernapasan.
            Dampak dari perilaku buruk manusia adalah efek negatif terhadap lingkungan. Karena manusia sering melepaskan banyak CO2 ke udara melalui kegiatan seperti terlalu banyak menggunakan kendaraan pribadi, melepaskan asap pabrik ke udara, dan merokok seenaknya maka udara menjadi kotor, tercemar, dan tidak baik untuk pernapasaan. Lalu, karena perilaku manusia yang sering membuang limbah pabrik dan perumahan serta membuang sampah sembarangan sungai, danau, dan laut menjadi kotor dan tercemar. Akibat perbuatan manusia, lingkungan menjadi rusak dan tercemar.
            Untuk menangani masalah polusi udara dan polusi air, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Pertama, kita bisa mengurangi menggunakan terlalu banyak kendaraan pribadi dan lebih memilih untuk berjalan kaki dan menggunakan kendaraan umum. Kedua, kita tidak boleh terlalu banyak merokok karena selain mengotori udara, juga dapat merusak tubuh. Ketiga, kita tidak boleh membuang limbah dan asap pabrik sembarangan karena dapat mengotori lingkungan. Terakhir, kita tidak boleh membuang sampah sembarangan karena dapat mengotori lingkungan sekitar.

Astrida N Fauzia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar