Kamis, 24 Mei 2012

Polusi Udara dan Air di Cempaka Putih 4

         Polusi udara adalah kehadiran satu substansi fisik, kimia, biologi di atmosfer dalam jumlah yang banyak, dan dapat membahayakan kesehatan mahluk hidup. Polusi air adalah peristiwa masuknya zat, energi, unsur, atau komponen lainnya ke dalam air hingga kualitas air dan biotanya terganggu.
Polusi udara dan air memiliki banyak penyebab yang dapat membahayakan manusia. Salah satu penyebab polusi udara adalah transportasi. Saat terlalu banyak transportasi, asap yang dikeluarkan oleh kendaraan tersebut mengandung karbon dioksida dan dapat membuat polusi udara. Industri juga dapat menyebabkan polusi udara. Kotoran indutri atau yang biasa disebut limbah industri dapat mengakibatkan polusi udara karena kotoran dalam limbah tersebut dapat merusak udara. Penyebab polusi air adalah limbah pemukiman, limbah-limbah ini akan menjadi sampah yang mengandung sampah domestik seperti sampah atau deterjen, lalu limbah-limbah tersebut akan mengalir ke sungai yang akan mengakibatkan polusi air.
Setelah kami survei di lapangan, yaitu di Cempaka Putih, tempatnya terlihat beda sekali dengan Cempaka Putih yang dulu saat kami lihat di koran. Sekarang, Cempaka Putih sudah tercemar oleh polusi udara karena banyak pabrik di sekitarnya. Cempaka Putih juga sudah terkena polusi air. Saat kami wawancara, banyak masyarakat di sekitar yang resah dengan polusi karena dapat menggangu kesehatan mereka. Mereka ingin masalah ini dapat diselesaikan oleh pemerintah, atau masyarakat sekitar. Meskipun pemerintah sudah membantu, tetapi, mereka tidak menyelesaikannya hingga selesai. Yang mereka ingin hanyalah lingkungan yang bersih dan sehat, bukan yang kotor dan tidak sehat.
Berdasarkan penyebab dan hasil wawancara dengan masyarakat, polusi air dan polusi udara memiliki dampak yang buruk bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Polusi udara  dapat menggangu kesehatan manusia, terutama pada tenggorokan dan paru-paru. Polusi udara juga dapat mengakibatkan kerusakan lapisan ozon yang meningkatkan sinar ultra violet. Polusi air juga memiliki dampak buruk bagi makhluk hidup seperti sampah yang menghalangi sinar matahari untuk proses fotosintesis. Polusi ini juga dapat mengakibatkan pencemaran air dan biota laut. Pendangkalan juga salah satu dampak dari polusi udara karena adanya material pembusukan tumbuhan air.
Solusi yang dapat mengatasi polusi udara adalah mengurangi kendaraan pribadi dengan cara mengikuti peraturan three in one atau menggunakan kendaraan umum. Selain itu, pembaca dapat mengikuti komunitas bersepeda. Pembaca juga dapat menanam pohon di lingkungan untuk menambah udara segar. Polusi air dapat diselesaikan dengan cara menjaga sumber air yang belum tercemar. Tidak membuang sampah ke sungai dan coba untuk mendaurnya ulang juga temasuk solusi yang dapat dilakukan.

Athiya Maulani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar